Bentuk Satuan Tugas, Inggris Jajaki Mata Uang Digital

Inggris menjadi negara baru yang kinni tengah menjajaki kemungkinan mengeluarkan mata uang digital dari ban sentral

Ilustrasi. (Foto: int)

Cryptoday.id – Her Majesty’s Treasury dan Bank of England telah memulai studi mata uang digital bank sentral yang diklaim bakal menjadi mata uang digital nasional.

Teranyar, dalam dokumen yang diterbitkan oleh HM Treasury, bendahara mengumumkan pembentukan gugus tugas CBDC yang bekerja sama dengan bank sentral Inggris.

Jon Cunliffe, deputi gubernur Bank of England dan Katharine Braddick, direktur jenderal jasa keuangan di HM Treasury akan menjadi ketua bersama gugus tugas tersebut.

Menurut dokumen tersebut, satgas akan mensinergikan upaya semua badan hukum terkait di Inggris terkait pengembangan CBDC.

Sebagai bagian dari tugasnya, gugus tugas akan mengeksplorasi masalah awal yang terkait dengan desain, implementasi, dan pengoperasian CBDC di Inggris. Satuan tugas juga akan berkomunikasi dengan pemangku kepentingan termasuk, akademisi, fintech, dan industri terkait lainnya untuk mengidentifikasi hambatan teknologi yang akan dihadapi dalam menciptakan mata uang digital yang berdaulat.

Satuan tugas gabungan HM Treasury dan BoE juga akan memantau perkembangan CBDC di kancah internasional lantaran negara-negara lain secara aktif menjajaki proyek mata uang digital bank sentral mereka sendiri.

Menurut siaran pers BoE pada hari Senin, bank sentral juga akan menjalankan unit CBDC internalnya sendiri yang dipimpin oleh Jon Cunliffe.

Pembentukan gugus tugas merupakan usaha pemerintah Inggris pada mata uang digital dan fintech setelah Brexit. Pada November 2020, Rishi Sunak, Kanselir Bendahara mengatakan bahwa Brexit menawarkan kesempatan bagi Inggris untuk mengubah sektor jasa keuangannya .

Sejak Brexit, Sunak telah mengawasi perubahan kebijakan agar memanfaatkan inovasi fintech baru seperti CBDC dan stablecoin. Seperti yang dilaporkan sebelumnya oleh Cointelegraph, menteri jasa keuangan Inggris John Glen telah mengidentifikasi peraturan stablecoin sebagai fokus utama pemerintah di bidang peraturan mata uang kripto.

Menurut laporan Reuters, fokus pasar keuangan Inggris juga meluas ke perusahaan teknologi buku besar terdistribusi. Selama konferensi industri keuangan pada hari Senin, Sunak mengumumkan bahwa pemerintah berencana untuk mendirikan kotak pasir fintech untuk startup blockchain.

 

Sumber: cointelegraph.com

Exit mobile version