Mantan Eksekutif PBoC Sebut Yuan Digital Diciptakan untuk Melawan Alipay

Dia juga menyebut yuan digital bukanlah alat pengawasan

Yuan digital. (Foto: int)

Cryptoday.id – Mantan direktur People’s Bank of China, Yao Qian, yuan digital yang dibuat konglomerat swasta digunakan kontrak pintar dan dibangun untuk platform pembayaran seperti Alipay.

Hak itu disampaikan Qian saat menghadiri Forum Keuangan Internasional di Beijing. Ia menilai yuan digital tidak akan berhasil bila tidak menstimulasikan mitra fisiknya. Yuan digital bermanfaat bila memanfaatkan kontrak pintar.

Qian memberi contoh beberapa bank di dunia dengan cara bekerja pada mata uang digital berbasis kontrak pintar seperti, Bank Sentral Eropa, Bank Jepang, dan bank sentral Kanada. Menurutnya bank sentral perlu berinovasi bagaimana uang fiat bisa mengikuti digitalisasi.

“Yuan digital perlu mencapai keseimbangan antara melindungi privasi pengguna dan menindak kejahatan seperti pencucian uang, penggelapan pajak, dan pendanaan terorisme,” katanya.

“Jika dolar digital dan yuan digital berjalan langsung di jaringan blockchain seperti Ethereum dan Diem,” jelas Qian.

Yao Qian adalah direktur Biro Pengawasan Sains dan Teknologi dari Komisi Pengaturan Sekuritas China. Sebelumnya, dia adalah direktur Lab Penelitian Mata Uang Digital PBoC. Dia dikenal karena karyanya tentang yuan digital sejak langkah awalnya pada tahun 2014. Sikapnya yang ramah terhadap crypto sebagai mitra resmi SEC China membuatnya mendapatkan julukan ayah crypto China.

 

Sumber: cointelegraph.com

Exit mobile version