3 Tahun Berlalu, Kini Google Cabut Larangan Iklan Bagi Pertukaran Crypto

Setelah dilarang selama tiga tahun, kebijakan baru ini memungkinkan perusahaan crypto yang telah melewati rintangan peraturan ketat untuk memposting iklan mereka.

Google. (Foto: pixabay)

Cryptoday.id – Baru-baru ini, paksasa mesin pencari internet dan periklanan online, Google membuat kebijakan mengejutkan. Pasalnya, kebijakan pelarangan pertukaran crypto menggunakan layanan iklannya telah dicabut. Diumumkan pada hari Rabu, Google resmi mencabut larangan yang dibuatkan sejak tahun 2018 atau tiga tahun terakhir.

“Mulai 3 Agustus, pengiklan yang menawarkan Pertukaran Cryptocurrency dan Wallet yang menargetkan Amerika Serikat dapat mengiklankan produk dan layanan tersebut ketika mereka memenuhi persyaratan berikut dan disertifikasi oleh Google,” tulis pembaruan kebijakan di halaman dukungan perusahaan.

Pertukaran persyaratan harus lolos termasuk harus terdaftar dengan FinCEN sebagai Bisnis Layanan Uang dan dengan setidaknya satu negara bagian sebagai pengirim uang atau entitas bank sewaan federal atau negara bagian yang berpotensi membuka pintu ke iklan dari layanan seperti Pelabuhan dan Paxos.

Kebijakan baru tidak akan membuka pintu bagi ke sebagian besar institusi kripto. Namun, karena ‘iklan untuk penawaran koin awal, protokol perdagangan DeFi atau mempromosikan pembelian, penjualan, atau perdagangan mata uang kripto atau produk terkait’, semuanya terus berlanjut atau tetap dilarang. Agregator berita dan grafik serta sinyal dan layanan analisis juga tetap berada di daftar hitam iklan.

Kebijakan Google seputar iklan kripto sering kali bertentangan dan pada titik tertentu, para ahli mengecamnya sebagai tidak adil. Sepanjang tahun 2018, raksasa pencarian itu gagal dalam larangan iklan pertukaran. Pasalnya, pada satu titik menetapkan ‘Ethereum’ sebagai kata yang masuk daftar hitam dalam iklan. Tetapi, meskipun ada kebijakan ketat, kadang-kadang mereka masih mengizinkan proyek penipuan untuk lolos.

Terkait kebijakan iklan baru, sepertinya para penggemar crypto yang berbasis di Amerika dibombardir dengan iklan. Binance.US dan FTX saat ini sedang berjuang untuk mengukir pangsa pasar di Amerika Serikat, dengan FTX, khususnya. Mereka bahkan bersedia mengeluarkan biaya untuk tempat iklan yang tidak konvensional. Awal tahun ini, diumumkan bahwa FTX membeli hak penamaan ke rumah Miami Heat National Basketball Association hingga 2040, yang akan segera menjadi FTX Arena.

Sumber: cointelegraph.com

Exit mobile version